Saturday, June 7, 2014

Cakwe Berbau Pesing?

Anda tahu cakwe? Makanan ringan yang banyak dijajakan pada sore hingga malam, biasanya sering dijumpai di depan minimarket.


Saya punya sedikit pengalaman mengenai cakwe ini. Ketika itu saya dalam perjalanan pulang kerumah. Jalanan macet sekali, waktu berasa lambat dan perut mulai teriak minta diisi. Saat itu saya melihat gerobak cakwe di depan minimarket. Maka saya belilah cakwe tersebut.



Gigitan pertama berasa nikmat. Saat ingin mencoba gigitan kedua, tercium bau pesing(saat itu saya sedang menggendong anak saya, saya pikir diapers anak saya sudah penuh. Ternya sumbrr bau pesing bukan berasal dari diapers anak saya ). Saya cari-cari sumber baunya, ternyata dari cakwe yang saya makan. (Kok bisa bau pesing?)

Teringat akan perkataan rekan saya dulu bahwa cakwe dibuat dengan pencampuran amoniak. (Tuing tuing tuing). Baru kali ini saya menemukan cakwe aroma amoniak. Seketika itu juga saya berhenti makan cakwenya.

Penggunaan amoniak pada adonan cakwe bertujuan supaya cakwe dapat mengembang besar ketika digoreng. Amoniak berubah menjadi gas pada temperatur tinggi. Penggunaannya pada makanan cukup aman jika kadarnya sedikit/kecil. Amoniak yang digunakan untuk makanan juga berbeda dengan amoniak yang dijual di toko kimia. Amoniak yang digunakan adalah amoniak yang food grade.

Batas aman yang boleh dikonsumsi/terhirup adalah 25 ppm. 25 ppm artinya maksimal amonia dalam 1 kg adonan hanya diperbolehkan 25mg. Sedikit sekali bukan??

Saya mengira cakwe yang saya beli tadi terlalu banyak tambahan bubuk amoniaknya. Sehingga masih ada sisa amonia dalam adonan yang tidak menguap. Lalu apa dampaknya bila terlalu banyak amoniak yang masuk ke dalam tubuh?

Efek jangka pendek adalah iritasi terhadap saluran pernapasan, hidung dan tenggorokan, paru-paru dan bronkitis. Kontak dengan mata dapat menimbulkan iritasi hingga kebutaan total.

Jadi, mulai sekarang saya berpikir ulang jika ingin membeli cakwe.

Ditulis Oleh : efive lima ~Chem-is-try

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Cakwe Berbau Pesing?,, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda ....

:: Thank you for visiting ! ::

13 comments:

Paskalis N. Kewuan said...

Thx atas info pentingmu :) terus berbagi

Dyah Ayu Rahmawati said...

gimana ya rasanya? rahma belum pernah makan jadi nggak tau rasanya wkw

maryam ishmatullah said...

waah, tadi Ishmah kepeleset bacanya, cakwe-jadi-cake *duh pas lihat photonya serasa pernah makan deh.. :) Ishmah ntar pikir-pikir juga ah! ^^

Vanie Yo said...

iya aku barusan makan cakue medan yg besar dan panjang itu loh,....taunya pas digigit samar samar ada aroma amoniak pas di cek lagi bener bener bau amoniak kaya bau cat rambut...jadi takut deh, kirain gak pake begituan

album riri maysyuri said...

berkunjung, minal aidin walfaidin mohon maaf lahir batin, jangan lupa kunbalnya ya ^_^

borobudur studio said...

kujungan perdana, salam perkenalan ya. bila ada waktu ditunggu kunjungan baliknya

Tebinfea said...

Hello dear friend.
A good Thursday to you.
The rain here.
Teb.

Tiyang Magelang said...

hii..makanan kok pesing,saya malah baru tahu makanan itu.cakwe (ciyak wae) kali ya?, ;)

Reky Bongso said...

ane hobi makan cakwe gan wwkwkwk

Zulfa Heppy said...

Selamat pagi kawan, silahkan mampir di gardeniasentul.com

retno purtiningsih said...

info nice..
http://azzamkomputermurah.blogspot.com/

Rina Pretty Healthy said...

wah...terliur tengok cakwe nye.


www.rinaprettyhealthy.com

Aan A Anwar said...

amonia nya beli dimana sis

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes