Saturday, October 18, 2014

Alasan Mengapa Tidak Baik Meniup Makanan Atau Minuman Panas

Ketika saya sedang memasak sayur. Saat sayur tersebut akan matang, saya mencicipi kuahnya lebih dahulu, ingin memastikan apakah ada bumbu yang kurang. Anehnya saat yang mencicipi sayur yang masih panas dengan sayur yang sudah dingin (sayur yang dimaksud sama, hanya keadaan temperaturnya saja yang berbeda), rasanya berbeda di lidah. Tentu saja saat saya mencicipi sayur yang masih panas, saya meniupnya terlebih dahulu, supaya lidah saya tidak terbakar.



Mengapa bisa begitu? Ketika itu saya bertanya-tanya, apakah karena sayurnya panas membuat rasa menjadi beda? Tapi saat saya mencoba, sayur sudah menjadi dingin karena sudah saya tiup. Mengapa sayur lebih enak atau lebih pas rasanya saat sudah menjadi dingin?



Penjelasan yang saya terima saat ini adalah, saat sayur masih panas lalu kita meniupnya, akan terjadi reaksi kimia di sayur tersebut. Sayur yang panas mengandung air yang panas juga. Udara yang kita tiupkan dari mulut kita mengandung karbondioksida. Dalam keadaan panas, air dan karbondioksida akan berekasi menghasilkan zat asam, seperti reaksi di bawah ini,

H20  +   CO2   ------->      H2CO3

H2CO3 adalah senyawa asam karbonat, atau dengan nama lain karbon dioksida dalam air. Asam inilah yang berbahaya bila masuk kedalam tubuh kita. Senyawa H2CO3 adalah senyawa asam yang lemah sehingga efek terhadap tubuh memang kurang berpengaruh tapi ada baiknya kalau kita mengurangi masuknya zat asam kedalam tubuh kita karena dapat membahayakan kesehatan.

Reaksi antara CO2 dan H2O hanya terjadi pada suhu dan tekanan tinggi. CO2 dapat larut dalam air dalam tekanan tinggi, membentuk H2CO3. pada 25 derajat celcius, Kc = 1.70 x 10-3.

Tidak hanya sayur, saat kita akan minum air yang masih panas, bila kita meniupnya terlebih dahulu, maka akan terjadi reaksi seperti di atas juga. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita makan atau minum bila makanan atau minuman sudah lebih dingin.

Ditulis Oleh : efive lima ~Chem-is-try

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Alasan Mengapa Tidak Baik Meniup Makanan Atau Minuman Panas,, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda ....

:: Thank you for visiting ! ::

11 comments:

cahyo jm said...

oooh begitu yah,,,terimakasih sobat jadi tahu dan mesti hati-hati nih

Linda Ishak said...

Terima Kasih Atas Informasi....

Muka Buku said...

sgt berinformasi..



jom lawat aktor korea hensem

http://warkahterkini.blogspot.com/2014/10/10-senarai-top-aktor-kacak-korea-2014.html#.VE3E-PmUf9U

Didie Farhan said...

Good info

Buret said...

baru tau sob, terima kasih infonya.

Fokus Impian said...

menarik infonya

nakbalibelog said...

selamat pagi di hari Minggu, sukses buat blognya

Obat Sakit said...

karena tiupan dengan mulut mengandung kuman ya, namun kalo dengan kipas, tak masalah katanya

Dieter said...

hello, dear friend, new day, new luck,
I wish you a wonderful Friday

Putra Wahyu said...

bener itu kata mama juga gitu

Bahugel Kotamobagu said...

http://sex-hot-kotamobagu.blogspot.co.id

blogwalking

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes